5 JENIS PEKERJAAN FREELANCE YANG BISA DILAKUKAN OLEH PARA PELAJAR ATAU MAHASISWA

Halo semua, semasa saya kuliah dulu saya hampir tidak pernah menerima uang saku dari orang tua. Didalam hati punya keinginan untuk melakukan kerja sambilan disebuah toko atau disebuah kedai kopi. Tetapi jadwal kuliah yang cukup padat di Politeknik membuat saya mengurungkan niat untuk mengambil keputusan itu.

Saya selalu berpikir, bagaimana caranya agar bisa menambah uang saku tanpa harus mengorbankan waktu untuk kuliah agar bisa lulus tepat waktu. Lalu, dengan kemudahan yang ada saat ini, saya sering mencari wifi gratis disekitar kota. Mulai dari wifi kampus, wifi kedai kopi, wifi corner milik Telkom, hingga numpang ke rumah saudara untuk mencari informasi cara seperti apa yang bisa saya lakukan agar bisa berpenghasilan.

Akhirnya, saya berhasil merangkum 5 jenis pekerjaan freelance yang bisa dilakukan oleh pelajar atau mahasiswa. Berikut rangkuman tersebut saya bagikan untuk anda:

Fotografi dan Videografi

Foto oleh: https://www.magnatural.com/wp-content/uploads/2016/11/Fotografi.jpg

Buat kalian yang memiliki kamera dan hobi dengan dunia dokumentasi,            tidak ada salahnya mencoba pekerjaan ini. Kalian bisa melakukan prewedding, wedding, post wedding, food photography, photo product, vlog, after movie video dan masih banyak lagi. Sssst... Penghasilannya lumayan loh..


Artist Endorsement

Foto oleh: https://www.instagram.com/p/BfdRFY5jrur/?hl=en&taken-by=wira_

Jangan sia-siakan banyaknya followers Instagrammu, itu bisa jadi materi untuk menambah uang sakumu loh. Dengan menjadi artist endorsement kamu bisa mendapatkan royalti atau minimal kamu bisa mendapatkan dan menikmati produk gratis yang melakukan kerjasama pengiklanan denganmu.


DESAINER GRAFIS

Foto oleh: NN
Buat kamu yang hobi gambar, utak-atik warna, kamu bisa mencoba untuk menekuni pekerjaan ini. Apa harus bergabung ke studio desain atau percetakan.? Tidak.! Kamu bisa mengaplikasikan karyamu ke market place yang ada di internet, dan karyamu akan dibayar dengan dollar.!! Wow, keren nggak.? Ada banyak sekali market place yang ada seperti Shutterstock, Fiverr, 99design dan lain sebagainya.


PENULIS DAN PENERJEMAH

Foto oleh: http://cdn.warungsatekamu.org.s3.amazonaws.com/wp-content/uploads/2015/06/Kepada-Sang-Pemilik-Kehidupan.jpg
Beruntunglah kalian yang sekolah jurusan IPS atau kuliah jurusan bahasa. Karena kemampuan kalian dalam menulis akan terus terasah. Kamu bisa mencoba untuk menulis di blog pribadi kalian sendiri dengan menambahkan iklan atau Google Adsense atau kalian bisa join di sebuah production house dengan menjadi seorang screenwriter. FYI, sebuah film atau sebuah video biasa sekalipun akan lebih bagus hasilnya apabila ada campur tangan seorang screenwriter didalamnya, karena screenwriter akan mempermudah pekerjaan director, talent, crew produksi, hingga editor dalam menjalankan tugas. Tidak hanya itu, kamu bisa menjadi seorang penerjemah. Lagi-lagi dengan menggunakan market place yang ada seperti Fiverr atau Sribulancer.


WEB DESIGN DAN PROGRAMMER

Foto oleh: https://blog.payrollbozz.com/7-keresahan-mungkin-cuma-dirasakan-programmer/

Di era yang serba digital ini semuanya pasti membutuhkan peran web designer dan programmer. Semua aspek baik dari urusan jual beli hingga moda transportasi pasti sudah merambah ke dunia internet. Kalian bisa melakukan penawaran langsung ke perusahaan-perusahaan yang akan go public.


Ya itulah 5 jenis pekerjaan freelance yang bisa dilakukan oleh pelajar atau mahasiswa untuk menambah uang saku. Lalu tunggu apa lagi.? Ayo mulai mandiri sejak awal dan maksimalkan potensi dan bakatmu.!

Komentar